Pelatihan Pemulasaraan Jenazah Infeksius

pulutan 20 April 2021 14:18:20 WIB

Pulutan ( Sidasamekta ) - Selasa, 20 April 2021 Pemerintah Kalurahan Pulutan mengadakan pelatihan pemulasaraan jenazah covid-19 yang di ikuti oleh 37 orang pemuka agama dari seluruh Padukuhan di Kalurahan Pulutan, hadir juga mendampingi bhabinkantibmas dan babinsa Kalurahan Pulutan. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap mengatur pembatasan jarak antar peserta, sebagai penerapan physical distancing.

Acara ini dimulai pukul 09.00 WIB dengan sambutan oleh Rusmiyanto, S.IP Lurah Pulutan, Drs. Siswanto Panewu Kapanewon Wonosari. Narasumber Ariningsih Indriyanti, S.Km Kepala UPT. Puskesmas I Wonosari menyampaikan, pelatihan tersebut bertujuan sebagai acuan penerapan penanganan jenazah pasien penyakit menular. “Para petugas atau warga setempat yang sering menangani kematian warganya perlu mendapatkan pengetahuan untuk penanganan jenazah terkait Covid-19, baik itu jenazah ODP (orang dalam pemantauan), PDP (pasien dalam pegawasan), hingga Pasien Positif Covid-19. Petugas yang menangani jenazah wajib memakai APD (alat pelindung diri) lengkap sesuai standar dan waspada,” jelas Ariningsih. “Warga juga dilarang datang kerumah untuk memberi ucapan belasungkawa. Bagi keluarga jenazah diwajibkan memeriksakan diri dan melakukan isolasi diri,” pungkasnya.

Selanjutnya acara di isi dengan penyampaian materi pelatihan serta praktek pemulasaraan jenazah pasien covid-19 oleh Triyono petugas dari PMI Kabupaten Gunungkidul mulai dari persiapan pemulasaran, taata cara pemakaian APD (Alat Pelindung Diri) lengkap, perlakuan jenazah pasien covid-19 sejak dinyatakan meninggal, memandikan, mengkafani, hingga pengkuburan dan pembersihan sisa-sisa.

Dengan diadakannya pelatihan tersebut, apabila terjadi kasus pasien Covid-19 meninggal di daerah terdekatnya, warga setempat dapat menangani jenazah dengan aman dan dengan prosedur benar.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung