Warga Kelurahan Pulutan Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

pulutan 18 Oktober 2021 12:02:03 WIB

Sidasamekta - Sebanyak 505 warga Kelurahan Pulutan, Kapanewon Wonosari, Gunungkidul, mengikuti vaksin yang dilaksanakan serentak di Balai Kelurahan, Minggu (17/10/2021). Hal ini sebagai upaya untuk memenuhi layanan kebutuhan vaksinasi Covid-19 guna melindungi kesehatan masyarakat.

“Antusias masyarakat kami sebenarnya terbilang baik dan kami manfaatkan hari libur Minggu ini untuk mendekatkan pelayanan vaksin pada masyarakat,” kata Lurah Pulutan Rusmiyanto kepada media di tengah pelaksanaan vaksin, Minggu 17 Oktober 2021.

Lurah turun tangan ikut mengatur ketertiban antrean peserta vaksin dan mendisiplinkan protokol kesehatan secara ketat bagi peserta, mengatakan, selama ini vaksinasi dilaksanakan di tempat-tempat yang telah dituntukan pemerintah acapkali menjadi alasan beberapa warga mengaku kejauhan dan sulitnya meninggalkan pekerjaan.

“Maka kami dekatkan akses layanan vaksin ini dan kita pilih hari minggu umumnya warga libur kerja dan beraktivitas. Ini juga sebagai kesiapan kita bersama agar anak-anak sekolah nanti sewaktu-waktu siap menghadapi pelajaran tatap muka sekolah,” imbuh Rusmiyanto.

Hanya saja, diakui Lurah, beberapa warga Pulutan kecewa tak bisa ikut vaksin karena tidak memenuhi persyaratan medis karena ditemukan hipertensi di meja pemeriksaan dokter. Dari 505 orang pendaftar, ada 62 warga yang terpaksa vaksinasi harus ditunda karena tekanan darah di atas batas normal. Pihak Kelurahan Pulutan telah memberi kesempatan warga untuk mengulang periksa tensi darah, akan tetapi tidak tampak ada perubahan menyebabkan tenaga medis Dokkes Polres Gunungkidul tidak memaksakan memberikan vaksin.

Sementara Polres Gunungkidul melalui Iptu Suwarno, menyatakan pemberian vaksin kepada warga sebagai upaya bersama dalam merlindungi kesehatan masyarakat. Dibutuhkan penyadaran kesehatan bersama melalui kegiatan vaksin agar kesehatan bisa terbentuk dan giat perekonomian masyarakat bisa segara kembali normal lagi. Pada 15 November 2021 mendatang sebanyak 442 orang tervaksin di tahap I akan memperoleh vaksin untuk kedua kalinya. Adapun 62 yang mengalami penundaan akan diikutsertakan vaksinasi kesempatan lain. Dengan pelaksanaan vaksin kali ini, semula Kelurahan Pulutan baru menyasar 2.464 orang, kini hampir mendekati angka sasaran 3.000 warga.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung