Hari Jadi Kalurahan Pulutan ke 131Tahun

pulutan 30 Oktober 2021 19:32:51 WIB

Sidasamekta - Hari ini Kalurahan Pulutan merayakan hari jadi kalurahan ke 131 tahun. Sesuai hasil penelusuran sejarah Kalurahan Pulutan oleh tim penulis sejarah dan disempurnakan oleh Dinas Kabudayaan bahwa hari Kamis Pahing tanggal 30 Oktober 1890 atau 16 Maulud ( Rabiul Awal ) 1308 H Kalurahan Pulutan mempunyai pimpinan wilayah yang disebut Lurah ( Niti Semito ) yang di wisuda di Paku Alam. Sehingga tanggal 30 Oktober disepakati sebagai hari jadi Kalurahan Pulutan.  Nama Pulutan berasal dari cirikhas wilayah yang sebagian besar pertanian dan menghasilkan panenan padi ketan yang ketika dimasak menjadi pulen seperti pulut sehingga dinamakan Pulutan.   

Acara hari jadi Kalurahan Pulutan yang pertamakalinya ini berjalan dengan sangat sederhana karena masih mengingat pandemi Covid-19.  Pukul 07.00 WIB Lurah beserta seluruh pamong Kalurahan Pulutan mengawali acara hari jadi  dengan ziarah  dengan tabur bunga ke makam mantan-mantan lurah Pulutan yang berada di Makam Karangasem, Makam Praon, Makam Butuh/ Gedong. Setelah ziarah dilanjutkan acara penyampaian/ peluncuran buku sejarah 'Dumadining Kalurahan Pulutan' edisi pertama yang secara simbolis disampaikan oleh Lurah Pulutan kepada Ketua Bamuskal Suyatno, S.IP yang kemudian untuk disampaikan kepada warga dan tokoh masyarakat untuk mendapatkan masukan untuk penyempurnaan edisi kedua.

Dalam acara ini juga Lurah Pulutan menyampaikan SKOK dari Dinas kabudayaan kepada 4 group kesenian yang mengajukan permohonan kepada Dinas Kabudayaan. Kemudian dilanjutkan dengan acara inti yaitu kenduri yang diawali dengan ikrar oleh Edi Dediyanto dan ditutup dengan doa oleh Bapak Sidiyanto. Peringatan hari jadi Kalurahan Pulutan dihadiri oleh Pamong Kalurahan, Bamuskal, Lembaga Kalurahan, Ketua P3A, Ketua Bumdes Maju Mandiri, Tim Penulis sejarah, Perwakilan grup kesenian dan di hadiri tamu dari Badan Riset dan Inovasi Nasional ( BRIN ).  Dari BRIN menyampaikan sangat senang sekali diberikan kesempatan untuk bisa hadir dalam acara hari jadi Kalurahan Pulutan dan menurut istri kepala BRIN banyak UMKM yang maju di wilayah Kalurahan Pulutan. “ Dengan hadirnya BRIN di Kalurahan Pulutan bisa mendorong kemajuan lebih baik untuk Pulutan karena Kalurahan memiliki berbagai inovasi desa” kata Lurah Rusmiyanto, S.IP

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung