Pembinaan Kerukunan Umat Beragama

pulutan 06 September 2022 14:54:07 WIB

Sidasamekta - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gunungkidul melaksanakan kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama di Balai Kalurahan Pulutan, Selasa 06/09/2022 pukul 09.00 WIB. Pembinaan tersebut dilaksanakan untuk mewujudkan harmonisasi dan merawat kerukunan umat beragama di Kabupaten Gunungkidul khususnya bagi warga masyarakat Kalurahan Pulutan. Peserta pembinaan dihadiri sebanyak 70 orang peserta yang terdirri dari Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Wanita, dan Generasi Muda.

Pembinaan kerukunan umat beragama dihadiri narasumber Bapak Tomy Darlinanto, SH,M.Hum dari Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul yang juga menjabat sebagai Wakil ketua III FKUB Kabupaten Gunungkidul 2021-2026 dari Rayon Gereja Katholik. Tomy Darlinanto dalam acara ini menyampaikan tinjauan hukum toleransi dan kerukunan beragama. Dasar hukum antaralain UUD 1945 dan amandemennya, UU No.1/PNPS/1965 menjadi UU No.5 Tahun 1969, UU No.39 Tahun 1999 tentang HAM, Undang - Undang Nomor 12 Tahun 2005, Peraturan Bersama Menteri Nomor 8 da 9 Tahun 2006, Mendagri dan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor : 43/41 Tahun 2009 tentang Pedoman Pelayanan Kepada Penghayat Kepercayaan Terhadap tuhan Yang Maha Esa.

Upaya menjaga kerukunan dan Toleransi :

  • Moderasi beragama
  • Menyadarai membangun kerukunan di dalam masyarakat di tengah keberagaman / kebhinekaan
  • memiliki sikap keterbukaan dan toleransi
  • mengembalikan semangat dan kesadaran untuk menghargai kebhinekaan
  • dialog inilah merupakan kunci membangun komunikasi
  • kampanye toleransi dengan cara kreatif dengan melibatkan pelajar dan anak muda untuk menyampaikan toleransi dan pesan - pesan damai.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung