Rehabilitasi Gedung Kantor Lembaga Kalurahan Tingkatkan Kualitas Pelayanan"

pulutan 26 September 2024 10:30:54 WIB

Kalurahan Pulutan-sidasamekta- di mulai pada tanggal 3 September 2024 Pemerintah Kalurahan Pulutan memulai proyek rehabilitasi Gedung Kantor Desa/ Kantor Lembaga serta Ruang Perpustakaan yang melibatkan perbaikan atap, dinding, pintu, dan jendela kantor desa. Proyek ini dibiayai melalui Dana Desa Prioritas untuk Desa Mandiri, sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan dan kenyamanan masyarakat.

Bapak Rusmiyanto, S.IP Lurah Pulutan menyampaikan bahwa proyek rehabilitasi ini merupakan salah satu prioritas desa, sejalan dengan visi Desa Mandiri yang dicanangkan oleh pemerintah pusat. "Kami ingin memastikan bahwa fasilitas desa yang digunakan oleh Pemerintah Desa, Lembaga dan warga Masyarakat dalam berbagai pelayanan publik bisa berfungsi optimal dan memberikan kenyamanan. Oleh karena itu, kami memanfaatkan Dana Desa Prioritas ini untuk melakukan rehabilitasi kantor desa, Kantor Lembaga dan mencakup ruang perpustakaan, proyek ini diperkirakan akan selesai ditanggal 17 September 2024 nanti" jelasnya.

Rehabilitasi tersebut mencakup beberapa bagian penting dari bangunan yang telah mengalami kerusakan. Atap kantor desa, kayu yang sudah rapuh diganti dengan material baja ringan  yang lebih tahan lama. Dinding juga direnovasi dengan pelapisan ulang dan perbaikan retak, juga diberi sekat sekat untuk ruang per Lembaga (BPD, PKK, LPMKal, Gapoktan, P3A, RKDD, Desa Wisata)  sementara pintu dan jendela diganti untuk meningkatkan keamanan serta memperindah tampilan kantor.

Selain memastikan kondisi kantor desa yang lebih baik, proyek ini juga memberikan dampak positif terhadap masyarakat setempat. Beberapa warga yang memiliki keterampilan di bidang konstruksi turut dilibatkan dalam pekerjaan ini, sehingga proyek rehabilitasi ini juga membuka lapangan kerja sementara bagi warga desa.

Dengan selesainya rehabilitasi ini semoga ruangan ruangan tersebut dapat dipergunakan sebaik mungkin dan dimanfaatkan, baik untuk  Pemerintah Desa, Lembaga, maupun Masyarakat.

Dana Desa yang dikelola oleh pemerintah pusat memang diperuntukkan bagi peningkatan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat desa. Prioritas utama Dana Desa untuk Desa Mandiri adalah pada perbaikan fasilitas umum yang mendukung kemandirian desa, termasuk dalam hal penyediaan pelayanan publik yang baik.

Proyek rehabilitasi kantor desa ini juga menjadi contoh bagaimana Dana Desa digunakan secara tepat sasaran. Pemerintah desa berharap, dengan adanya kantor desa yang lebih representatif, mereka dapat memberikan pelayanan yang lebih profesional dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Setelah proyek rehabilitasi ini rampung, Pemerintah Klaurahan Pulutan berencana untuk terus melakukan pemeliharaan rutin pada bangunan serta merencanakan program-program lain yang menunjang kemandirian desa. Beberapa program yang sedang disusun adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pelatihan dan program pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Dengan dukungan masyarakat dan kelola Dana Desa yang baik, Kalurahan Pulutan optimis menuju Desa Mandiri yang lebih kuat dan maju.

 

#DesaPulutan#DesaMandiri#DesaWisata#Dukung LIterasi#Literasi Untuk Kesejahteraan

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung